Jumat, 26 Agustus 2011

Bersahabat dengan orang-orang hebat

Kata hebat di sini dalam arti yang sesungguhnya lho! Mereka, para sahabat yang selalu jadi pemicu semangat. Orang-orang yang selalu perada di sisi kita saat kita membutuhkan mitra berbagi, mereka ada di belakang kita di saat kita butuh dorongan untuk melaju lebih cepat dalam langkah kehidupan kita, dan mereka ada di depan untuk menarik kita, kala langkah kita terseok atau bahkan hampir berhenti dalam keputusasaan.
Menurut Wikipedia, pengertian "persahabatan" menggambarkan suatu  hubungan yang melibatkan pengetahuan, penghargaan dan afeksi. Wuiiiiih! Itulah mengapa aku menyebutnya hebat, karena ternyata sahabat adalah pola hubungan dengan paket yang lengkap (tentunya saja hubungan selain dengan pasangan kita lho, konteksnya berbeda).
Pertanyaan yang sering muncul adalah: apakah kita bisa hidup tanpa sahabat? Pada umumnya menjawab tidak, namun pada segelintir orang hal itu bisa saja terjadi, sehingga mungkin saja mereka tidak membutuhkan sosok sahabat dalam kehidupannya (ya ampuuuun, kasihan sekali ya L ). Untuk prosentase terbesar yang menjawab tidak bisa hidup tanpa sahabat, hal itu dikarenakan manusia merupakan mahkluk sosial yang memiliki dorongan dan kebutuhan untuk dapat berinteraksi dengan orang lain. Interaksi yang dijalin oleh manusia memiliki beberapa tahapan kedekatan, dan salah satunya adalah interaksi atau hubungan persahabatan. Hubungan yang didasari dorongan dan kebutuhan untuk berbagi secara lebih dekat dan lebih intens.
Buatku, keberadaan mereka adalah sebuah keharusan dalam hidupku (wajib yang bersifat mutlak hehehe). Mereka komponen penting dalam mesin hidupku, tentu saja selain keluarga dan pasangan. Mereka ada di saat senang dan susah. Nah untuk kata terakhir yang tertulis (susah), adalah bagian terpenting dalam proses seleksi sesorang dapat kita kategorikan sebagai sahabat. Orang-orang yang hadir tuk menemani, menolong serta mendongkrak semangat dan tenaga kita tuk bangkit dari keterpurukan itulah yang pantas kita sebut sahabat. Itu pengertian sederhanaku mengenai sahabat.
Jadi, apa arti sahabat untukmu?

Tidak ada komentar:

 

Semua tentang Vini Biroe Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei | web hosting