Senin, 22 Agustus 2011

Yogyakarta, padanya aku berikan cinta

Masih sangat segar diingatanku saat kunjungan pertamaku ke kota ini, yaitu pada saat aku masih duduk di bangku sekolah menengah pertama. Saat itu aku merasakan aura kenyamanan luar biasa yang dipancarakan oleh kota ini (semoga tidak dianggap lebay). Bila ditelusuri, sesungguhnya keikutsertaanku dalam kegiatan sekolah (SMPN 3 Bekasi) pada saat itu dikarenakan rasa penarasanku terhadap kota Yogya. Lagu Yogyakarta dari KLA Project adalah salah satu  faktor pendukung yang memunculkan rasa penasaran luar biasa di pikiranku pada masa itu. Di dalam kepalaku muncul pertanyaan-pertanyaan: seperti apakah Yogyakarta itu? Sebegitu indahkah? Apa yang membuatnya begitu menarik, sehingga mampu membuat Katon Bagaskara dan kawan-kawannya membuat sebuah lagu tentang kota itu?
Sebenarnya seminggu sebelum keberangkatanku ke Yogyakarta, aku sempat terserang gejala Typus. Ayahku melarangku tuk ikut acara sekolah tersebut, tapi aku ngotot bukan main untuk ikut. Bahkan aku sampai berjanji pada ayahku bahwa aku akan sembuh secepatnya bila dijinkan untuk pergi (agak konyol juga sich). Ayahku akhirnya menyerah dengan kengototanku, beliau memperbolehkanku pergi dengan catatan bahwa aku benar-benar sudah cukup sehat saat pergi nanti.
Benar saja, pada h-3 aku sudah cukup bugar dan sehat, sehingga mau tidak mau ayahku akhirnya memperbolehkanku pergi. Sepertinya kesembuhanku pada saat itu memang didorong oleh keinginan kuatku untuk cepat sehat dan pergi ke kota Yogya (sekali lagi, ini memang agak konyol).
Tibalah saatnya aku menginjakan kakiku di Yogyakarta. Ada perasaan yang aneh menyeruak, perasaan nyaman yang tak dapat diartikan dengan sangat mudah. Setelah beberapa hari berada di kota itu, aku membuat sebuah permohonan pada Tuhan, “Tuhan, aku sungguh ingin datang ke kota ini lagi, bukan untuk berlibur, tapi untuk tinggal. Tuhan, aku suka sekali kota ini.” Itulah permohonan yang aku ucapkan dalam hati saat bis yang aku tumpangi melesat pergi meninggalkan Yogyakarta.
Beberapa tahun berlalu, aku pun sudah lupa dengan permohonanku di waktu lalu. Hingga tiba saatnya aku lulus Sekolah Menengah Atas, aku dihadapkan pada keadaan bahwa aku tidak akan mungkin meneruskan pendidikanku ke perguruan tinggi. Alasan keadaan ekonomi keluarga yang tidak memungkinkanku untuk melanjutkan sekolah. Sejak kelas satu SMA, di saat teman-temanku sibuk untuk ikut bimbingan belajar dan bermimpi masuk ke universitas impian mereka, aku sudah membunuh impian itu sebelum impian itu tumbuh menjadi tunas. Bahkan dulu aku sempat berencana untuk ikut bekerja dengan bibiku di Garut, karena memang aku sudah merasa bahwa bangku kuliah adalah sebuah mimpi yang tidak mungkin.
Namun ternyata ada keajaiban yang tiba-tiba datang dan mengejutkanku. Tepat sebelum pengumuman kelulusanku, aku menerima pemberitahuan bahwa aku diterima sebagai mahasiswa melalui jalur PBUD (Penjaringan Bibit Unggul Daerah) di salah satu universitas negeri Yogyakarta. Sebelumnya aku pernah didaftarkan oleh guruku untuk ikut penjaringan penerimaan mahasiwa melalui jalur PBUD tersebut. Hanya berbekal laporan prestasi belajar semenjak kelas 1 hingga kelas 3, aku mendapatkan kesempatan untuk menjadi mahasiwa , tanpa harus mengikuti UMPTN atau tes apapun. Bayangkan saja perasaanku pada saat itu. Gembira, terkejut, dan  bingung datang silih berganti.  Gembira, tentu saja aku merasakannya hal itu sebagai sesuatu yang sangat luar biasa untukku. Terkejut, aku benar-benar tidak menduga bahwa berkah itu menjadi milikku. Bingung, karena selain hal luar biasa dan tak terduga itu, muncul satu masalah lagi untukku. Masalah selanjutnya adalah bagaimana caraku untuk mendapatkan biaya kuliahku nanti? Dan lagi-lagi Tuhan membuka jalan-Nya untukku, salah satu keluargaku menyatakan kesanggupannya membantuku untuk membiayai kuliah. Memang beliau tidak dapat membantu secara penuh, namun hal itu tetaplah sebuah keajaiban lain untukku. Aku berkomitmen untuk tetap mengusahakan jalan lain, agar dapat mendukung proses pendidikanku .
Semenjak itu, resmilah aku memulai babak hidupku di kota Yogyakarta. Masa kuliahku dapat disimpulkan sebagai salah satu masa terbaik dalam hidupku. Aku dipertemukan sahabat-sahabat yang luar biasa. Sahabat-sahabat yang mau dan selalu mampu membagi hidup dan kebahagiaan mereka bersamaku.
Aku sudah sangat lama tinggal di Yogya. Dulu memang aku sempat pergi dari kota ini setelah kelulusanku, namun kecintaanku pada kota ini menarikku kembali ke sini. Aku tak bisa jauh dari kota ini, sepertinya ada jalan takdir yang membuatku menetapkan hatiku di sini (mulai lebay lagi dech).    Bila boleh menarik alur ceritaku kembali ke awal, yaitu pada malam-malam bulan pertama aku datang ke Yogya untuk kuliah, aku pernah mendapatkan sebuah keanehan. Keanehan itu berupa suara drum band yang terdengar tiap dini hari, dan tidak dapat diketahui asal suaranya. Hal tersebut sangatlah janggal, karena tidak mungkin pada jam-jam tersebut ada segerombolan orang iseng yang berlatih drum band. Saat aku ceritakan hal itu pada teman-teman kostku, mereka mengatakan bahwa memang ada mitos bahwa bila seseorang mendengar suara drum band di saat dini hari, orang itu akan tinggal dan menjadi warga Yogya. Mitos yang aneh memang, namun sepertinya mitos itu benar berlaku padaku. Karena tahun ini adalah tahun ke-13 sejak kedatanganku di kota ini.

Permohonan

Menelanjangi masa lalu adalah sebuah keharaman bagiku.
Sama halnya seperti melemparkan beribu kotoran ke wajah banyak orang.
Memaafkan masa lalu adalah sebuah mekanisme yang harus terjadi.
Karena dengan mekanisme itu, kita dapat melakukan penyucian kembali atas segala sakit dan dosa.

Entah manusiawi atau tidak, terkadang kemarahan memang menggiring kita pada keterjebakan yang berkepanjangan.
Kebohongan membelit kita dengan rantai berduri yang mengoyak kejujuran yang entah masih ada atau tidak.
Saya hanya ingin melupakan dan sebisa mungkin meniadakan semua rekam jejak hitam itu.
Menyembuhkan luka yang mungkin saja nanahnya masih memproduksi dengan sendirinya.

Bila tidak dianggap berlebihan, saya hanya ingin semuanya kembali indah dengan tujuan yang lebih terarah.
Tidak ada sesuatu yang luar biasa, hanya memohon kedamaian dan kebahagiaan melalui sebuah niat yang sederhana.

Jumat, 19 Agustus 2011

Pada Sahabat-sahabat dan Kekasih-kekasih Jiwaku....


Aku lihat kamu berlari


Hmm....ada kumpulan bunga-bunga kecil yang sedang kau masukan ke dalam keranjang kehidupanmu.
Tapi mengapa menangis di saat kau berdarah karena durinya?
Bukankah kau menikmati makna dan esensi dari pencarianmu?
Ayo bangun dan mainkan partitur-partitur indah yang kau miliki.
Karena aku mencintaimu dengan semua kesederhanaan mimpi-mimpimu.


Lelah

terpekur dengan luapan yang serasa ingin dimuntahkan dari isi kelapaku

aku muak!

aku muak!
aku muak!pergi jauh dan menghilanglah! atau kalau mampu bunuhlah dirimu!dalam diam, masih aku lihat titik hitam itu semakin melebar. pertama-tama singgah di dalam otakku, namun semakin lama semakin melebar hingga ke seluruh sendi tubuhku.kaku dan mati. hilang dan dimusnahkan.aku terus mengocehkan berbagai kutukan dan sumpah serapah sambil terus melihat selubung hitam itu mendekati bola mataku.aku lelah....

Jumat, 01 April 2011

Mari mengenal Konflik dan Perdamaian

Konflik  menunjukkan pada hubungan antara dua pihak atau lebih (individu atau kelompok) yang memiliki sasaran-sasaran yang tidak sejalan(Chris Mitchell, 1981).

Apa sih konflik itu?
Kata konflik yang berasal dari bahasa Latin conflictus,  memiliki arti pertentangan. Bila kita padukan arti kata konflik dan kutipan yang tertera diatas, kita dapat mengartikan bahwa sebuah konflik adalah pertentangan yang disebabkan oleh perbedaan maksud, tujuan maupun kepentingan dari beberapa pihak yang tidak bisa berjalan selaras.
Bila kita bertanya pada diri kita, apakah kita pernah berkonflik? Tentu saja jawabannya pasti sudah pernah. Tidak ada seorangpun yang tidak pernah berkonflik.  Telinga kita  pasti sudah sangat akrab mendengar kata bertikai, tawuran, bertengkar, baku hantam, bersengketa, perang dll. Kata-kata tersebut tidak kemudian bisa hilang begitu saja, seiring ketidaksukaan kita terhadap keadaan saat berkonflik tersebut. Dalam kehidupan bersama orang lain (bermasyarakat), kita seringkali memiliki banyak keinginan dan pilihan yang mungkin tidak sesuai dengan keinginan dan pilihan orang lain. Pada saat kita memilih dan mempertahankan keinginan kita, akan ada kemungkinan terjadinya pergesekan atau pertentangan. Hal itu merupakan awal dari sebuah konflik.  

       Sering kali konflik juga diringi dengan kekerasan. Kekerasan yang terjadi biasanya meliputi kekerasan melalui tindakan, perkataan, sikap, struktur atau sistem. Akibat-akibat yang terjadi bila terjadi konflik dengan kekerasan adalah adanya kerusakan secara fisik, mental, sosial dan/atau lingkungan. Selain itu, konflik dengan kekerasan juga membuat banyak pihak tidak dapat mengembangkan potensinya secara penuh.

Hal yang paling diharapkan pada saat kita menghadapi konflik adalah ditemukannya solusi/ pemecahan masalah dari konflik tersebut. Sebanarnya, keadaan yang damai adalah tujuan utama dari seluruh proses penemuan solusi dari sebuah konflik. Damai sendiri dapat berarti terciptanya keadaan tenang atau tidak adanya gangguan. Sehingga bila kita menghubungkan kata konflik dan damai, hal tersebut dapat menjadi hal bertentangan satu sama lain, namun juga tidak dapat dipisahkan antara satu dan lainnya. Bila kita mengetahui bahwa keberadaan konflik adalah hal yang biasa kita temui, apalagi bila kita hidup dalam masyarakat yang beragam, maka kita juga pasti sangat mengetahui mengenai kondisi damai yang menjadi negasi atau lawan dari konflik tadi.
            Keadaan damai pasti menjadi idaman banyak orang, apalagi dengan keadaan tersebut, setiap orang dapat dengan tenang dan senang dalam menjalani berbagai hal di dalam kehidupannnya. Terlebih lagi, keadaan itu juga dapat  mendukung terjadinya pengembangan potensi dan kerjasama yang membangun masyarakat secara keseluruhan. Kondisi ideal ini (damai) tidak akan terwujud apabila tidak ada usaha dari tiap orang untuk menjaganya. Karena dengan banyaknya kepentingan dari tiap orang yang memungkinkan terjadinya konflik, maka upaya membangun dan menjaga perdamaian adalah sebuah usaha besar yang menyangkut banyak orang di dalamnya. Di setiap jaman, wilayah, maupun masyarakat selalu ada peraturan ataupun mekanisme yang mengatur penyelesaian konflik dengan jalan damai. Perdamaian yang menjadi cita-cita banyak orang bukan sebuah pekerjaan yang dapat diselesaikan hanya pada satu kurun waktu tertentu, akan tetapi harus dilakukan sepanjang waktu untuk menciptakan rasa aman, yang merupakan pondasi penting dalam proses pengembangan kehidupan yang lebih baik di segala bidang.
Manusia sebagai makhluk yang beragam (heterogen), sangat tidak mungkin memiliki keinginan dan pemikiran yang seragam atau sama. Keragaman tersebut sangat berpotensi memunculkan konflik. Konflik memang hal yang wajar terjadi dalam hidup bermasyarakat. Namun kewajaran itu tidak kemudian menjadi sesuatu yang diperbolehkan untuk terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Karena apabila hal tersebut dibiarkan terjadi dan terus berkembang, maka akan mengakibatkan kerusakan dan kerugian bagi pihak-pihak yang berkonflik maupun orang-orang di sekitar mereka. Oleh karena itu, keberagaman yang ada, harus kita sikapi dengan baik dan bijaksana. Hal tersebut bertujuan agar perdamaian yang kita jaga bersama, dapat membantu kita membangun serta menguatkan masyarakat, dan bukan merusak ataupun mencerai-beraikannya. (Vini)

Identifikasi Diri Remaja dalam Peristiwa Tawuran

        Pembicaraan tentang tawuran diusung pada tulisan kali ini. Mengapa tawuran? karena tawuran merupakan hal yang tidak lagi asing bagi kita, dan sangat lekat dengan bentuk-bentuk konflik yang terjadi di masyarakat kita. Peristiwa tersebut sangat kental terdengar di telinga kita, terlihat di depan mata kita, bahkan acapkali melibatkan kita sebagai korban maupun pelakunya.

      Tawuran merupakan peristiwa perkelahian atau tindak kekerasan yang dilakukan oleh sekelompok orang terhadap kelompok yang lain. Tawuran adalah bentuk kekerasan kolektif yang dilakukan dengan sengaja baik dilakukan dengan, maupun tanpa rencana sebelumnya. Bentuk kekerasan kolektif ini membawa akibat yang luas, tidak hanya bagi para pelaku dan korbannya, akan tetapi juga seringkali memberikan dampak yang merugikan bagi orang-orang yang tidak terlibat langsung di dalam peristiwa tersebut.
    Dari beberapa wawancara yang dilakukan terhadap remaja yang berusia 13- 18 tahun, perbandingan yang didapatkan, dari 15 remaja lelaki yang diwawancarai, terdapat 7 remaja yang pernah terlibat di dalam tawuran. Baik tawuran antar sekolah, kampung maupun antar supporter sepak bola. Ada banyak faktor yang menyebabkan mereka terlibat dalam tawuran, namun ada dua faktor yang mampu mewakili penyebab dari keseluruhan alasan dari tawuran remaja, antara lain:
1. Emosi. 
2. Kesetiaan dan identifikasi diri pada kelompok. 
     Faktor emosi adalah alasan yang diajukan oleh para remaja sebagai penyebab keterlibatan mereka dalam tawuran. Penyebab tawuran sebenarnya tidak selalu diawali dari sesuatu yang serius, namun hal yang yang tidak serius sekalipun dapat memicu agresifitas remaja, sekaligus sebagai pemantik potensial terjadinya kekerasan. Remaja memiliki kecenderungan untuk menjawab sebuah masalah dengan jalan kekerasan, baik kekerasan yang dilakukan sendiri maupun dalam kelompok (komunal). Hal tersebut merupakan salah satu bentuk kegagalan remaja dalam memecahkan masalah melalui komunikasi verbal. Komunikasi non verbal yang diungkapkan melalui perlawanan fisik adalah bentuk sikap mereka untuk menyelesaikan masalah.
     Sedangkan pada faktor kesetiaan dan identifikasi diri pada kelompok, remaja mulai mengidentifikasikan diri sebagai bagian dari sebuah kelompok. Identifikasi diri ke dalam sebuah kelompok tertentu dapat menjadi sesuatu yang memberi nilai positif, namun dapat juga memberi nilai yang sebaliknya. Pada tahapan perkembangannya, remaja berada pada fase transisi dari masa kanak-kanak menuju masa dewasa. Fase tersebut menjelaskan bahwa remaja berada di antara posisi ketergantungan ( dependency ) dan ketidaktergantungan ( interdependency) . Pada fase tersebut, remaja masih mencoba membentuk diri dan mencari gambaran ideal kedewasaan yang akan ditujunya, atau kerap kita ketahui sebagai fase pencarian jati diri. Proses pencarian jati diri juga dialami oleh teman sebaya mereka. Oleh karena itu, dalam proses yang penuh dengan pertanyaan dan kebingungan, remaja cenderung mencari jawabannya dengan tindakan pengidolaan terhadap sesuatu atau pengidentifikasian diri terhadap kelompok-kelompok tertentu. Pembentukan identitas kelompok salah satunya bersumber dari identitas keanggotaan resmi di suatu tempat atau institusi. Contoh dari pembentukan identitas tersebut adalah keanggotaan di sekolah, kampung (warga sebuah kampung), partai politik maupun keanggotaan resmi lainnya.
     Selain bentuk indetifikasi diri pada keanggotan resmi di suatu tempat atau institusi, Identifikasi diri juga dapat bermula dari minat para remaja pada sesuatu. Identifikasi diri terhadap minat tertentu seringkali ditampakkan melalui penampilan anggota kelompok. Misalnya saja remaja yang mengidentifikasikan dirinya sebagai bagian kelompok Punk. Gaya berpakaian, model rambut, maupun aksesories pendukung penampilan mereka, sangat mewakili perwajahan kelompok mereka. Begitu juga dengan kelompok remaja penyuka gaya dan musik hip hop, dengan pakaian dan celana longgar, topi, dan aksesories pendukung yang juga menunjukkan identitas mereka. Pada remaja yang menjadi supporter bola, juga terdapat pola-pola yang sama, dalam menyeragamkan diri mereka dengan sesama anggota kelompoknya. Hal serupa dapat kita lihat di kelompok remaja yang tergabung di dalam komunitas motor atau mobil. Mereka membuat kelompok sesuai dengan model atau merek tertentu dari kendaraan yang mereka miliki. 
     Hal-hal yang dicontohkan tadi lebih menggambarkan kecenderungan remaja yang menunjukkan identitas kelompok mereka melalui sesuatu yang dapat dilihat secara jelas, yaitu penampilan dan kegandrungan pada benda-benda yang menjadikan mereka sama dengan teman sesama anggota kelompoknya. Bila kita telusuri lebih jauh lagi, proses identifikasi diri melalui penampilan sebenarnya juga dimulai dari pengidolaan pada sosok-sosok yang menjadi ikon dari kelompok tertentu juga. Pengidolaan terhadap sosok tertentu tersebut dapat dikarenakan prestasi sosial, karya, pemikiran, kharima, penampilan fisik, ataupun hal lainnya yang dimunculkan secara pribadi dan dapat mempengaruhi, serta menimbulkan perasaan kagum terhadap sosok idola tersebut. Proses pengidolaan itu juga mendorong remaja untuk membuat kelompok tersendiri. 
     Nilai prestise, kesenangan dan kebanggaan yang terdapat pada sesuatu, adalah beberapa motivasi kuat yang mendorong remaja untuk menjadi anggota sebuah kelompok. Selain itu, banyaknya jumlah orang yang tergabung pada kelompok tertentu, adalah magnet tersendiri bagi remaja untuk menjadi bagian dari identitas kelompoknya. Kegandrungan remaja terhadap kelompoknya dapat menjurus pada fanatisme yang berlebihan. 
     Fanatisme yang berlebihan akan memunculkan sikap antipati terhadap sesuatu atau seseorang yang berbeda dengan diri dan kelompok remaja tersebut. Perbedaan, disikapi dengan negatif dan dianggap sebagai suatu ancaman yang dapat mengganggu atau membahayakan keberadaan kelompok mereka. Ketidaksukaan dan ketidaksetujuan terhadap perbedaan dilihat sebagai sebuah masalah. Masalah yang seharusnya dipecahkan dan dijawab dengan solusi, kemudian ditanggapi dengan fisik atau bahasa non verbal. seringkali, sebuah aksi kecil yang dilakukan oleh kelompok lain, dapat menjadi pemicu muncunyal sebuah reaksi besar yang mendorong kelompok-kelopmpok tersebut untuk melakukan kekerasan kolektif dalam bentuk tawuran.
      Kekerasan yang dilakukan secara personal sudah pasti mengakibatkan kerugian fisik, ataupun non fisik pada orang lain. Maka bila kekerasan dilakukan secara kolektif, akibat yang ditimbulkan olehnya juga akan mencapai skala yang lebih besar dan luas. Kekerasan kolektif terkadang tidak berhenti hanya pada satu peristiwa saja akan tetapi akan dilanjutkan dengan peristiwa-peristiwa yang sama, yang merupakan akibat dari dendam yang berkepanjangan dari kelompok-kelompok yang berkonflik tersebut. Dendam tersebut kemudian diwariskan pada generasi berikutnya di dalam kelompoknya. Warisan dendam kekerasan kolektif ini, merupakan rantai kekerasan yang sangat sulit diputus. Semakin sulitnya rantai kekerasan itu diputus, maka semakin panjang pula daftar kerugian dan ketakutan yang dialami oleh banyak orang. Dampak serius akan semakin berkembang apabila sikap-sikap yang memupuk terjadinya tawuran dibiarkan hidup dan mengakar dalam pemikiran dan sikap dari anggota kelompok-kelompok tersebut. 
      Pencegahan terjadinya sebuah peristiwa tawuran dapat dimulai dengan penerimaan atas adanya perbedaan. Perbedaan tidak disikapi secara negatif dan dianggap sebagai sesuatu yang dapat mengancam keberadaan atau keberlangsungan kegiatan suatu kelompok. Perbedaan harus diterima keberadaannya sebagai sebuah kewajaran, yang dapat memperkaya keberagaman minat dan pilihan dalam hidup. Selain itu, penghargaan pada sesuatu yang berbeda adalah bentuk kedewasaan, yang merupakan hasil dari proses pemikiran yang panjang dan matang dari seseorang ataupun sekelompok orang.
      Hal lain yang dapat dilakukan sebagai upaya pencegahan terjadinya tawuran sebagai adalah dengan mekanisme dialog. Komunikasi verbal merupakan salah satu cara yang paling tepat dalam proses penyelesaian masalah atau konflik. Alasan dari hal tersebut adalah karena mekanisme dialog dapat menggali, memetakan dan mengemukakan hal-hal yang menjadi masalah diantara pihak yang berkonflik. Sehingga terjadi proses negosiasi yang menghasilkan jalan keluar dan saling menguntungkan, tanpa harus merugikan secara fisik maupun non fisik bagi kedua belah pihak.
     Selanjutnya, hal yang dapat mencegah terjadinya tawuran adalah penanaman pemikiran tentang konsekuensi atau akibat dari tawuran bagi diri sendiri, kelompok dan dampaknya bagi masyarat luas yang tidak terlibat langsung dalam tawuran. Akibat dan dampak dari setiap kekerasan pasti sangat membekas bagi pelaku dan korbannya, baik secara fisik dan nonfisik, pasca tawuran maupun di masa depan. Korban meninggal, korban cacat, luka berat, luka ringan, muncul trauma psikologis, kerugian sosial dan ekonomi, adalah beberapa contoh akibat dan dampak yang diakibatkan tawuran sebagai bentuk kekerasan kolektif. 
    Kita dapat belajar dari pengalaman yang terjadi sebelumnya, bahwa kerugian dan kesakitan yang hadir sebagai akibat dan dampak, tidaklah setimpal dengan apapun yang diperjuangkan dalam kekerasan dalam tawuran. Tidak ada kekerasan yang mampu mendatangkan kebanggaan dan kenyaman, maka tidak ada alasan apapun untuk membenarkan terjadinya suatu kekerasan, baik kekerasan yang dilakukan secara pribadi ataupun kolektif.
 

Semua tentang Vini Biroe Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei | web hosting